BP Bintan Wilayah Tanjungpinang Melakukan Audiensi dengan Badan Pengelola Pelabuhan Batam

31/07/2019 | By. Humas Badan Pengelola Pelabuhan Batam

Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (BP) Bintan Wilayah Kota Tanjungpinang mengunjungi Badan Pengelola Pelabuhan Batam pada Rabu (31/7/2019). Kunjungan ini diterima langsung oleh Direktur Badan Pengelola Pelabuhan Batam, Nasrul Amri Latif beserta jajaran pejabat struktural di Badan Pengelola Pelabuhan Batam (BPPB).

Kepala BP Bintan Wilayah Tanjungpinang, Den Yealta, mengatakan bahwa tujuan dari audiensi ini adalah untuk mendapatkan masukan mengenai pengembangan Pelabuhan Ekspor Impor Tanjung Mocco dari Badan Pengelola Pelabuhan Batam yang sudah memiliki pengalaman dalam mengelola pelabuhan di Batam.

“Dasar dari pertemuan ini karena kami ingin mengembangkan Pelabuhan Tanjung Mocco untuk pusat pelabuhan kontainer ekspor impor dan kami ingin meminta gambaran dari konsep pelabuhan yang dikelola Badan Pengelola Pelabuhan Batam,” ujar Den.

Dalam audiensi ini, Direktur Badan Pengelola Pelabuhan Batam (BPPB), Nasrul Amri Latif, memberikan beberapa masukan kepada BP Bintan Wilayah Tanjungpinang terkait pengembangan Pelabuhan Tanjung Mocco. Ia menyarankan agar pihak BP Bintan Wilayah Tanjungpinang melakukan forum diskusi terumpun (FGD) dengan para pemangku kepentingan seperti Direktorat Jenderal Bea dan Cukai setempat untuk mendapatkan gambaran mengenai rencana alur pergerakan barang di Pelabuhan Tanjung Mocco.

Nasrul juga mengatakan bahwa BP Bintan Wilayah Tanjungpinang memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mengembangkan Tanjung Mocco sebagai pelabuhan ekspor impor karena lebih mudah dari segi penataan pelabuhan.

“Teman-teman di BP Bintan Wilayah Tanjungpinang memiliki kesempatan yang lebih baik dari kami karena memulai dari awal dan didukung dengan keahlian mengelola pelabuhan. Saran saya sebelum jadi kawasan ekspor impor coba didiskusikan dengan Bea Cukai apakah bisa menyediakan sumber daya dan peralatan,” ujar Nasrul Amri Latif.

Pertemuan ini kemudian dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Pelabuhan Batu Ampar untuk melihat langsung kondisi pelabuhan yang dikelola BP Batam. Turut hadir dalam kunjungan ini, Kepala KSOP Tanjungpinang, Mappeati bersama beberapa staf dari BP Bintan Wilayah Tanjungpinang.

.